Sabtu, 09 Mei 2015

Perlu kesadaran setiap individu dalam menjaga kebersihan
“Kebersihan sebagian dari iman”, mungkin sekilas hadits ini sudah sering kita dengar, baik kita dengar dari guru, kita baca dari buku, hingga seterusnya. Jika kita lihat sekilas, hadits ini mengindikasikan bahwa salah satu ciri orang yang beriman adalah menjaga kebersihan. salah satunya adalah kebersihan lingkungan. Namun fakta yang kita jumpai disekeliling kita seperti di lingkungan kampus, baik dalam fakultas maupun universitas, masalah kebersihan lingkungan ini masih belum terealisasi secara baik. Keadaan yang semacam ini menunjukkan bahwa diri kita masih acuh tak acuh terhadap kebersihan.
 Sebagai seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, yang notabennya merupakan perguruan tinggi islam, yang lebih mengerti akan makna yang terkandung dalam hadits di atas, mengaplikasikan kebersihan lingkungan merupakan kewajiban yang tidak bisa tolak. Baik secara prinsip individu maupun prinsip sosial secara umum. Jika kita toleh pada lembaga-lembaga lain seperti di UNAIR, UNESA, hingga Universitas PETRA yang notabennya bukan perguruan tinggi islam, mereka lebih mampu dalam mengaplikasikan kebersihan terhadap lingkungannya, sehingga kebersihan dilingkungan mereka benar-benar terealisasi secara baik.

Pada prinsipnya, Faktor yang mendasari terciptanya kebersihan ada tiga hal, yang pertama adalah, adanya petugas khusus dalam menjaga kebersihan. Yang kedua adalah, adanya tempat pembuangan sampah. Dan yang ketiga adalah, kesadaran pribadi setiap individu yang ada dilingkungan sekitar terhadap nilai-nilai kebersihan. Jika kita toleh kembali pada lingkungan kita, baik dalam fakultas maupun universitas, faktor yang pertama dan yang kedua nampak sudah terealisasi secara baik, namun faktor yang terakhir ini masih belum terlihat secara transparan. Hal ini bisa dibuktikan ketika kita melihat masih banyak mahasiswa yang membuang sampah bukan pada tempatnya, sehingga kita banyak menemukan sampah diberbagai tempat, seperti di kantong bangku, sela-sela kaca gedung, hingga halaman kelas dan fakultas pada umumnya. bagian inilah yang perlu untuk kita kritisi dalam rangka meningkatkan kesadaran setiap individu, agar mampu merealisasikan kebersihan di lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar